SIG Gunakan AI untuk Maksimalkan Media Sosial di Lokakarya Komunikasi Kementerian BUMN


Jering.id

, SURABAYA – PT Semen Indonesia (SIG) menyampaikan apresiasinya terhadap Kementerian BUMN karena sudah memulai acara Workshop Komunikasi dan Optimalisasi Artificial Intelligence di Media Sosial untuk para pegawai BUMN.

Berikut adalah rincian acara: Pada tanggal 24-25 April 2025, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan Workshop Komunikasi yang berjudul “Komunikasi Lewat Media Sosial Bersama Optimalisasi AI” di Palm Park Hotel, Surabaya, Jawa Timur.

Acara yang melibatkan sekitar 125 orang dari lingkungan komunikasi BUMN, Insan Muda BUMN, bersama dengan pemimpin daerah dari seluruh bagian di Jawa Timur ini adalah tindakan penting untuk mempercepat proses digitalisasi komunikasi BUMN agar lebih inklusif dan bertanggung jawab.

Sebagai salah satu pemimpin utama dalam menyediakan solusi material konstruksi di Indonesia sebagai badan usaha milik negara (BUMN), SIG berkomitmen mengadaptasi kemajuan teknologi. Perusahaan ini mensupport langkah-langkah dari Kementerian BUMN guna menggunakan artificial intelligence atau AI demi meningkatkan aktivitas komunikasinya, hal ini sesuai dengan visi Presiden Prabowo yaitu membangun kembali modal manusia (SDM), ilmu pengetahuan serta teknologi.

“SIG percaya pemanfaatan AI secara optimal bisa memberikan nilai tambah dalam membangun citra positif perusahaan dan mendukung pencapaian tujuan strategis yang lebih besar, khususnya dalam aspek komunikasi di media sosial,” ujar Corporate Secretary SIG, Vita Mahyreni.

Teknologi AI, lanjutan Vita sudah memberi dampak besar pada banyak bidang kehidupan di zaman moderen sekarang ini.

Dengan pemanfaatan teknologi AI, siapa pun dapat mengkomunikasikan pesannya kepada khalayak secara lebih efisien dan efektif. Meningkatkan peranan komunikasi di lingkungan BUMN bukan saja diperlukan untuk pengelolaan intern, namun juga memiliki dampak signifikan pada penyebaran informasi tentang program-program, manfaat serta kedekatan BUMN dengan rakyat, sesuai dengan cita-cita presiden Prabowo. Penjelasan tersebut disampaikannya.

Pada hari pembukaan workshop terdapat sesi khusus yang dipandu oleh beberapa ahli dalam bidang komunikasi digital serta teknologi, yakni Putri Viola (Perwakilan Pers dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara), Teuchi Gandawan Xasir, Reynaldi Francois (Direktur Utama Zando Agency & Ko-Founder Aico Community), dan Grahita Muhammad (Vice President Bidang Komunikasi PT Perusahaan Listrik Negara).

Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan site visit ke tiga aset strategis BUMN, yaitu Galangan Pelni Surya Surabaya, Rumah BUMN Surabaya, dan PT Petrokimia Gresik untuk praktik langsung yang akan memperkuat kemampuan peserta dalam menyampaikan pesan strategis komunikasi dari Insan BUMN kepada masyarakat.

(chi/jpnn)