Meta Matikan Messenger Lite di Android: Ini Aplikasi Penggantinya

Meta, perusahaan induk Facebook, telah mengumumkan bahwa mereka akan Meta matikan Messenger Lite di Android pada September 2023. Messenger Lite adalah versi ringan dari aplikasi Messenger yang dirancang untuk berjalan di ponsel dengan spesifikasi rendah dan koneksi internet lambat. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur dasar seperti mengirim pesan teks, stiker, foto, dan video, serta melakukan panggilan suara dan video. Messenger Lite diluncurkan pada tahun 2016 dan telah diunduh lebih dari 500 juta kali di Play Store.

Alasan Meta Matikan Messenger Lite di Android

Di sebutkan alasan Meta matikan Messenger Lite di Android adalah karena mereka ingin menyederhanakan portofolio aplikasi mereka dan fokus pada pengembangan fitur-fitur baru untuk Messenger. Meta juga mengklaim bahwa Messenger Lite tidak lagi dibutuhkan karena Messenger telah mengalami banyak peningkatan kinerja dan efisiensi data dalam beberapa tahun terakhir. Namun, banyak pengguna yang kecewa dengan keputusan Meta ini karena mereka merasa bahwa Messenger Lite lebih hemat baterai, ruang penyimpanan, dan kuota data daripada Messenger. Selain itu, beberapa pengguna juga khawatir bahwa Messenger akan meminta izin akses yang terlalu banyak dan mengumpulkan data pribadi mereka.

Alternatif Messenger Lite di Android

Jika Anda termasuk salah satu pengguna yang terkena dampak dari penghapusan Messenger Lite, Anda mungkin bertanya-tanya apa alternatif terbaik untuk aplikasi ini. Untungnya, ada banyak aplikasi pesan instan dan obrolan grup lain yang bisa Anda gunakan di Android. Berikut adalah beberapa aplikasi pengganti Messenger Lite yang bisa Anda coba:

1.Signal

Signal adalah aplikasi pesan instan yang menekankan pada privasi dan keamanan. Signal menggunakan enkripsi end-to-end untuk setiap pesan, panggilan, dan media yang Anda kirim atau terima. Ini berarti bahwa hanya Anda dan penerima yang bisa melihat isi komunikasi Anda, dan tidak ada pihak ketiga, termasuk Signal sendiri, yang bisa mengintipnya. Signal juga mendukung fitur-fitur seperti pesan yang menghilang sendiri, layar kunci aplikasi, notifikasi anonim, dan relay panggilan untuk melindungi identitas Anda. Selain itu, Signal juga memiliki fitur-fitur standar seperti mengirim teks, stiker, foto, video, GIF, dokumen, lokasi, kontak, dan catatan suara, serta melakukan panggilan suara dan video. Signal adalah aplikasi gratis dan open source yang didukung oleh donasi dari pengguna dan yayasan nirlaba. Anda bisa mengunduh Signal di [sini].

BACA JUGA :  Cara Cheat Sausage Man

2.Telegram

Telegram adalah aplikasi pesan instan yang populer karena kecepatan dan fleksibilitasnya. Telegram memungkinkan Anda untuk mengirim pesan teks, stiker, foto, video, musik, dokumen, lokasi, kontak, dan bot dalam obrolan individu atau grup. Telegram juga mendukung fitur-fitur seperti obrolan rahasia dengan enkripsi end-to-end dan timer penghapusan otomatis, obrolan suara dan video dengan hingga 1000 peserta, saluran siaran dengan audiens tak terbatas, folder obrolan untuk mengelola obrolan Anda dengan mudah, tema kustom untuk menyesuaikan tampilan aplikasi Anda, dan banyak lagi. Telegram adalah aplikasi gratis dan tanpa iklan yang didanai oleh pendiri sendiri. Anda bisa mengunduh Telegram di [sini].

3.Element

Element adalah aplikasi obrolan grup yang berbasis pada protokol Matrix. Matrix adalah jaringan terbuka untuk komunikasi real-time yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan siapa saja di seluruh dunia tanpa perantara atau batasan. Element memungkinkan Anda untuk membuat ruang obrolan dengan topik apa pun yang Anda inginkan dan mengundang siapa saja yang memiliki akun Matrix untuk bergabung. Element juga mendukung fitur-fitur seperti enkripsi end-to-end untuk melindungi privasi Anda, panggilan suara dan video dengan kualitas tinggi, integrasi dengan layanan lain seperti Slack, Discord, Twitter, dan GitHub, serta kemampuan untuk menjalankan server Anda sendiri untuk mengontrol data Anda. Element adalah aplikasi gratis dan open source yang dikembangkan oleh komunitas Matrix. Anda bisa mengunduh Element di [sini].

Kesimpulan

Messenger Lite adalah aplikasi pesan instan yang ringan dan hemat data yang akan dihapus oleh Meta pada September tahun 2023. Jika Anda mencari aplikasi pengganti yang bisa memberikan fitur-fitur serupa atau bahkan lebih baik, Anda bisa mencoba Signal, Telegram, atau Element. Ketiga aplikasi ini menawarkan keamanan, kecepatan, dan fleksibilitas yang tinggi untuk komunikasi Anda di Android. Anda bisa memilih salah satu dari mereka sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

BACA JUGA :  Savefrom Mod Ap