Grup Telkom (TLKM) Dorong Peningkatan Monetisasi AI Melalui Infomedia dan MDMedia


Jering.id.CO.ID – JAKARTA.

PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra), entitas anak Grup Telkom yang bergerak di bidang investasi digital, terus mendorong pemanfaatan kecerdasan buatan (
Artificial Intelligence/
AI) dan analitik data melalui anak usahanya, PT Infomedia Nusantara (Infomedia) dan PT Metra Digital Media (MDMedia).

Infomedia telah menggarap 172 proyek
use case
hingga kuartal I-2025, mencakup berbagai sektor strategis, termasuk Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN, PT Pegadaian, dan PT Pertamina.

Direktur Utama Infomedia Eddy Sofryano mengatakan bahwa fokus utama perusahaan adalah menciptakan nilai bisnis yang konkret melalui solusi AI, otomatisasi (automation), dan analitik data.

“Perubahan digital yang kitajalankan bukan hanya sebagai uji coba, tetapi sudah berwujud dan memiliki pengaruh segera. Pada tahun ini, kecerdasan buatan telah mendorong pembentukan nilai bisnis,” terang Eddy ketika dijumpai beberapa waktu yang lalu.

Infomedia sudah menerapkan solusi kecerdasan buatan (AI) yang berfungsi untuk mempercepat tahapan perekrutan dengan menggunakan metode penapisan dan pengawasan daring, selain itu juga otomatisasi dalam hal tata kelola administratif turut diimplementasikan.
Robotic Process Automation
(RPA) dan Document AI.

Selain itu, layanan pelanggan Infomedia juga mengalami peningkatan signifikan, dengan lebih dari 19 juta interaksi yang ditangani chatbot “A”, serta pemrosesan lebih dari 2,7 juta dokumen melalui teknologi
Optical Character Recognition
(OCR).

“Hasilnya, kami berhasil menekan biaya operasional hingga 25%, dengan tingkat akurasi validasi data yang mencapai lebih dari 90%,” ungkap Eddy.

Sementara itu, MDMedia yang fokus di sektor komunikasi dan periklanan digital, menghadirkan platform AdXelerate.

Platform ini menyatukan teknologi AI dengan analisis data untuk membagi pengguna menjadi segmen yang tepat, tidak tergantung pada cookies atau permintaan masuk.

Pujo Pramono dari MDMedia, Direktur Operasi dan Penjualan, menyatakan bahwa AdXelerate dirancang sebagai sebuah solusi periklanan digital yang lebih unggul dalam hal efisiensi dan efektivitas.

“AdXelerate mampu meningkatkan efektivitas kampanye hingga 3,5 kali lipat dan menurunkan biaya akuisisi pengguna sampai 71%,” ujarnya.