Penggunaan AI dalam Alat Rumah Tangga Berteknologi: Masa Depan yang Lebih Cerdas


jabar.Jering.id

, Kota Bandung – Teknologi artificial intelligence atau AI
(Artificial Intelligence)
Bisa digunakan untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Selain dalam ranah kreatif, AI pun diterapkan pada alat-alat rumah tangga yang bersandar pada teknologi atau disebut juga sebagai home appliances.

Misalnya saja teknologi kecerdasan buatan pada mesin pencuci pakaian, pendingin ruangan, lemari es, hingga penyaring udara dapat belajar tentang cara menggunakan perlengkapan rumah tangga itu secara rutin dan mengadaptasi pemakaian sesuai selera Anda.

Produk-produk tersebut sudah berbasis
Internet of Things
(IoT), di mana tiap produk terhubung ke internet dan bisa dikontrol melalui aplikasi LG yang disebut ThinQ serta perangkat pusat AI bernama ThinQ ON.

Ini adalah apa yang dijalankan oleh merek elektronik asal Korea Selatan, LG Electronics. Menurut Dadi Darmadi selaku Kepala Administrasi dari cabang LG di Bandung, sekarang telah ada banyak perusahaan produksi barang-barang elektronik yang merambah pasar lokal dengan teknologi canggihnya. Akan tetapi, baru sedikit pabrikan yang menggunakan Artificial Intelligence atau AI pada produk-produk tersebut.

Menurut Dadi, ketika melakukan kampanye Life’s Good Truck di Bandung pada Jumat (9/5/2025), “Saya rasa sebagai salah satu pemimpin dalam teknologi AI, kami unggul dibanding pesaing kami. Bahkan beberapa produk kami tidak dimiliki oleh para kompetitor, misalnya saja LG Stand By Me.”

Dadi mengklaim saat ini LG memiliki teknologi terdepan dalam urusan perabot rumah tangga. Tim dari departemen pengembangan terus berupaya berinovasi agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin lebih mudah dalam mengurus kebersihan di rumah tangga.

Aplikasi LG ThinQ memungkinkan pengguna mengontrol kerja perangkat ini melalui smartphone. Lewat keterhubungan wifi, pengguna dapat melakukan berbagai pengaturan fungsi.

“Pastinya kita selalu memastikan LG memiliki teknologi yang terdepan, kita ada tim research department yang selalu terdepan,” ujarnya.

Kota Bandung saat ini tetap merupakan pusat perdagangan utama untuk penjualan peralatan elektronik di mana televisi, kulkas, dan unit AC adalah barang yang paling banyak dicari.

Dengan beragam fitur serta kemajuan teknologi dari produk-produknya, LG yakin bahwa penjualannya akan semakin meningkat di tahun 2025.

Saat ini LG juga menghelat kampanye Life’s Good Truck di kota Bandung yang berlangsung hingga 11 Mei 2025.

Proyek ini merupakan komponen dari strategi LG untuk meningkatkan kesadaran serta penerapan lini produk unggulannya. Sesuai dengan judulnya, “Life’s Good Truck” menggerakkan kampanye melalui penampilan sebuah truk LG di lokasi yang ramai dikunjungi masyarakat umum.

Truk ini dirancang khusus untuk mengangkut sejumlah besar produk elektronik berkualitas tinggi buatan LG.

“Melalui kampanye ini, masyarakat Bandung memiliki kesempatan baik untuk mengetahui lebih banyak tentang ragam produk unggulan LG dengan metode yang mengasyikkan,” ujar Presiden dari LG Electronics Indonesia Ha Sang-chul.

Dirancang sebagai bagian dari proyek skala besar, Bandung menjadi lokasi kedua untuk acara Life’s Good Truck.

Sebelumnya, LG meluncurkannya di Jakarta dan sekaligus menandai kick-off dari kampanye utama tersebut pada tanggal 2 Mei 2025.

(mcr27/jpnn)